5 Sep 2016

Apa Arti Seorang Guru bagi Siswanya?

Apa Arti Seorang Guru bagi Siswanya? - Guru yang baik adalah yang tidak pernah menyerah menghadapi siswanya. Begitulah peraturan yang tertanam di kepala saya sejak sebelum menjadi seorang guru. Karena saya yakin, setiap anak akan memberikan yang terbaik dari diri mereka saat guru bisa menginspirasi mereka. Oke, saya sadar, sebagai seorang guru, saya memang belum bisa menginspirasi siswa. Bahkan akhir-akhir ini saya merasa mulai lelah menghadapi beberapa tingkah siswa.

Apa Arti Seorang Guru bagi Siswanya?
Apa Arti Seorang Guru bagi Siswanya?

Di kelas yang saya mulai merasa lelah ini kebetulan siswanya adalah siswa SMA. Ya, saya akui bahwa mereka yang berada di usia ini seharusnya dijadikan partner/rekanan bagi guru karena di usia mereka, mereka mampu untuk menjadi seorang rekanan. Bukan seperti anak SMP yang masih harus diingatkan dengan cara yang keras agar mau menuruti perintah gurunya. Selama ini saya sudah mencoba untuk membuat kelas jadi lebih demokrasi, saya tanyakan apa yang mereka lebih suka untuk dilakukan, saya selalu meminta pendapat mereka untuk menyimpulkan sesuatu, dan kadang kala saya duduk bersama mereka untuk makan siang.

Dengan semua hal yang saya lakukan itu, ada saat dimana saya merasa mereka terlalu manja dan malah bersifat kekanak-kanakan ke saya. Mungkin mereka berpikir bahwa saya tidak segalak guru-guru killer lainnya--meskipun harus saya akui, tidak ada guru killer di tempat saya mengajar. 

Oke, jadi saya mungkin harus menceritakan tentang salah satu siswa di sekolah.

Seorang siswa saya sangat pintar. Dia sangat sangat pintar hingga tanpa mendengarkan dengan seksama apa yang saya katakan, dia sanggup menjelaskan kembali apa yang sebelumnya sudah saya terangkan. Dan saya lemah menghadapi siswa macam begini. Saya tidak tahu harus bersikap apa. Pada satu sisi saya mencoba memahami bahwa dia tipe pembelajar kinestetik, dimana dia bisa memahami semua hal yang dia baca atau dengar tanpa harus bersusah payah bahkan lebih cenderung main-main. Tapi, di sisi lain saya merasa risih karena hati saya tersentil, seakan-akan dia tidak berusaha menghargai saya yang sedang berbicara, sebagai gurunya.

Apa arti seorang guru bagi siswanya? Tentu saja hal itu sangat memengaruhi saya yang memiliki pandangan bahwa seorang guru seyogyanya dihormati dan dihargai, seburuk apapun dia.

Lalu, timbul di dalam kepala saya sebuah pertanyaan besar yang tidak bisa saya jawab sendiri. Buat siswa-siswa saya, apakah arti saya yang duduk di muka kelas, menjelaskan sesuatu, memberi informasi, membantu menyimpulkan, memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa, dan memedulikan akan jadi apa mereka kelak?

Ada yang bisa bantu jawab? 

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon