30 Nov 2016

Peringatan Hari Guru Nasional, Guru Bermartabat dengan Karya

Peringatan Hari Guru Nasional, Guru Bermartabat dengan Karya - Mungkin sudah basi kalau baru bisa saya tulis malam ini. Perayaan Hari Guru Nasional yang bertepatan dengan hari ulang tahun PGRI tahun ini berkesan sekali bagi saya. Di tahun ketiga saya berada di tempat kerja saat ini, banyak sekali hingar-bingar--eh, bahasanya lebay, hahaha--yang sudah saya lewati bersama rekan kerja dan juga siswa yang tiap tahun selalu bertambah. Terspesial adalah tahun ini. Kenapa? Karena perayaan Hari Guru Nasional kali ini sungguh istimewa. 👵👴👳👲

Peringatan Hari Guru Nasional, Guru Bermartabat dengan Karya
Peringatan Hari Guru Nasional, Guru Bermartabat dengan Karya

Betul sekali, kalau di tahun pertama saya bekerja di sekolah ini sebagai karyawan guru, saya didaulat menjadi petuga pengibar bendera pada upacara peringatan Hari Guru Nasional yang bertepat di tanggal 25 November, maka pada tahun ini saya mengikuti perlombaan memasak berkelompok yang diadakan bagi guru dan staf sekolah. Nah, jarang-jarang sekali sekolah tempat saya bekerja ini mau mengadakan acara murah meriah seperti ini buat gurudan stafnya. Angin segar untuk ibu dan bapak, abi dan umi, yang selalu grasa-grusu, kadang keteteran dan mengeterkan urusan pribadi, mengurusi anak-anak remaja yang meledak-ledak karena hormon.

Karena laiknya sekolah swasta yang selalu menitikberatkan segala hal pada kepentingan muridnya, maka, dielu-elu sebagai guru dan dibuatkan acara spesial seperti perayaan Hari Guru Nasional tahun ini sesekali membuat saya terharu. Akhirnya, sekolah mengajarkan ke siswa untuk mencintai dan mengasihi guru mereka. Memberikan persembahan lagu, musik, puisi, dan setangkai bunga sebagai tanda bahwa guru memang masih dan akan menjadi pahlawan tanpa tanda jasa.

Saya sendiri menjadi excited karena terdapat dua siswa saya tahun lalu yang mengirimi surat dan selembar kartu ucapan terima kasih untuk apa yang telah kami lalui bersama di kelas dan di sekolah, selama satu tahun yang telah berlalu. Kejutan sekali buat saya karena sebelumnya tidak menyangka bahwa mereka memiliki kesan khusus kepada saya yang rata-rata dibilang membosankan oleh anak-anak karena metode mengajarkan Bahasa saya begitu-begitu saja. Baiklah, saya jelaskan bahwa kebanyakan dari mereka hanya mengucapkan 'Selamat Hari Guru' kepada guru yang pada tahun ini bertatap muka di kelas. Jadi, kedua siswa tadi sangat-sangat berarti bagi saya.

Nah, dengan adanya perayaan Hari Guru Nasional tahun ini, dengan beragam tampilan dan persembahan siswa kepada kami, para guru, saya berharap mereka kelak akan tetap dan terus menghargai guru-guru mereka baik guru TK maupun sampai dengan nanti mereka menyelesaikan studi di sekolah. Semoga dengan menghargai guru-guru mereka, orangtua kedua mereka, maka ilmu yang kami berikan menjadi bermanfaat karena keridhoan kami sebagai seorang guru. Aamiin ya Allah.

Saya harap perayaan Hari Guru Nasional tahun depan akan lebih berkesan buat saya, buat guru-guru lain di luar sana. Seperti tema yang diusung untuk merayakan Hari Guru Nasional tahun ini, Guru Bermartabat karena Karya, mari kita buat dan ciptakan karya bermanfaat sebanyak-banyaknya. Salam Hari Guru Nasional! [Aida]

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon