17 Dec 2016

Mempersiapkan Diri untuk Menulis, Tips Mengisi Liburan Ala Blogger Bagian 2

Mempersiapkan Diri untuk Menulis, Tips Mengisi Liburan Ala Blogger Bagian 2 - Masih dengan tema yang sama yaitu liburan, apalagi liburan akhir tahun begini, saya rasa beberapa instansi dan daerah punya hari libur yang lebih panjang daripada daerah dan instansi lainnya. Misalnya sekolah, karena bertepatan dengan libur akhir semester, atau daerah yang memiliki libur musim dingin, seperti negara-negara subtropis.

Baca Juga: Tips Mengisi Liburan Ala Blogger Bagian 1

Mempersiapkan Diri untuk Menulis, Tips Mengisi Liburan Ala Blogger Bagian 2
Karena di postingan sebelumnya saya telah menuliskan tips mengisi liburan ala blogger, bagian 1, yang di dalamnya saya menyarankan untuk menulis dan berlatih menulis, maka pada bagian ke-2 ini saya akan memberikan sedikit tips yang biasa saya lakukan saat mencari ide menulis. Kamu hanya perlu baca baik-baik lalu bayangkan, apakah hal-hal di bawah ini bisa kamu lakukan pada liburan kali ini.

Mempersiapkan Diri untuk Menulis
💻 Minum air putih atau mineral yang cukup. Jangan anggap sepele hal yang satu ini! Para blogger yang aktif menulis lebih banyak menghabiskan waktunya untuk duduk sambil memandangi layar komputer, laptop, atau tablet lebih lama daripada pekerja kantoran lainnya. Tentu saja aktivitas yang nampak seperti tidak melakukan apa-apa ini ternyata membuat tubuh jadi membutuhkan lebih banyak cairan. Kalau kurang sedikit saja cairan tubuh saat duduk berlama-lama di depan komputer, laptop, atau tablet saat menyelesaikan tulisanmu di blog, maka sakit kulit kering karena dehidrasi dan sakit pinggang akan segera menyerang. Tentu tidak ingin dong, kegiatan menulis blogmu terganggu karena rasa sakit pinggang yang tak tertahankan! Ayo minum air yang cukup!

💻 Mencari tempat yang kondusif. Kalau meja kerjamu menghadap ke luar jendea yang kebetulan menghadap ke jalan tanpa penghalang, maka sebaiknya, putar balik meja kerjamu! Percaya atau tidak, kegiatan menulis adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan ketelitian dan fokus yang luar biasa habat. Adakalanya saat saya sedang menulis, tiba-tiba saya tidak mendengar apapun kecuali kata-kata yang terlintas di dalam otak saya. Bahkan, beberapa kali saya tidak mendengar saat orang lain memanggil nama saya. Nah, tentu tidak ingin perhatianmu saat menulis mudah teralihkan, bukan? Maka, hindarilah jendela yang berhadapan langsung dengan jalan, teras depan rumah tetangga, dan atau halaman belakang tetangga yang ada kandang ayamnya. Sungguh, hal-hal semacam itu akan sangat mengganggu.

💻 Mempersiapkan outline atau ide menulis. Pastinya ada beberapa orang yang tidak bisa menulis tanpa kerangka tulisan atau yang biasa disebut dengan outline. Karena memang, dengan membuat outline dan plot cerita yang rapi, akan memudahkan Kamu dalam menulis, apapun itu, baik entri blog, cerpen, atau bahkan novel. Outline dan plot yang tersusun rapi akan memudahkan Kamu untuk menulis cerita karena kamu tahu harus menuliskan apa untuk menyelesaikan ceritamu, meski kadang, di tengah-tengah proses menulis, akan ada banyak ide lain yang berseliweran dan sayang untuk dilewatkan. Tapi, sebaiknya jangan bimbang ketika menulis, taatlah pada outline dan plot yang sudah Kamu buat. Jikalau ada hal menarik lainnya, catatatlah terlebih dahulu ide tersebut hingga saatnya Kamu menyelipkan ide-ide itu di dalam tulisanmu yang telah selesai.
Mempersiapkan Diri untuk Menulis, Tips Mengisi Liburan Ala Blogger Bagian 2
Mempersiapkan Diri untuk Menulis, Tips Mengisi Liburan Ala Blogger Bagian 2
💻 Siapkan segelas kopi atau teh hangat, atau cokeat panas. Tiga hal ini bisa membangkitkan mood baik untuk menulis. Aroma kopi, teh, atau cokelat itu seperti aroma terapi yang menenangkan pikiran, jadi, tidak ada salahnya Kamu mencoba tips ini saat ingin menulis.

Nah, jika Kamu sudah melakukan tips-tips Mempersiapkan Diri untuk Menulis berarti Kamu sudah siap untuk membiarkan jari-jemarimu menari di atas tuts keyboard dan menuangkan imajinasi daam rangkaian kata. Selamat mencoba!

10 comments

kata orang kalo mau ngeblog itu harus ada kopi sama ubi cilembu, sayamah jalan aja gk pake gituan juga hehe

Hahaha, ubi ci*embu ya Mba Wera, boleh juga.

mempersiapkan koneksi internet juga jangan lupa hahaha kalau tanpa internet nanti gak bisa ngeblog hahaha

Aku lagi dilanda malas nuliss, padahal banyaaak banget yang mau ditulis :(

Wawh, kalo saya ga pakai ritual ditemanin teh atau kopi mbak. Paling juga air putih sebotol wkwkwk meskipun entah habis atau tidak diminumnya xixi

Wah betul juga Mas Dirga. Semoga koneksi tak sedang lemot ya. :D

Hmm... mungkin nanti kita akan share bagaimana cara menangani rasa malas nulis atau writersblock sekalian ^^d

Kalau air mineral saja sudah cukup, justru lebih baik Mba Febrianty, berarti masih bisa fokus tanpa tambahan doping :D

Nge-teh sambil ngemil-ngemil mantaappp :)
Keterusan makan jadi ngga bisa nulis heheh (keseringan begini)

Salam kenal kak Aida :)

Salam kenal Avhy =D awas, bahaya gula hahahaha :D Thanks ya sudah mampir

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon