26 Dec 2016

Pilih-pilih Produk yang Akan Diulas dalam Blog

Pilih-pilih Produk yang Akan Diulas dalam Blog - Akhir-akhir ini saya semakin sering melihat postingan para blogger mengenai review produk kecantikan. Ada yang memang hobi, tapi tidak sedikit pula yang me-review karena pekerjaan atau ikut perlombaan. Kan, sekarang memang sedang tren, ya, blogger-blogger kece seperti kita ini diminta produsen untuk menyebarkan angin wangi tentang produknya, baik produk kecantikan, makanan, ataupun elektronik.😜

Mengapa Harus Pilih-pilih Produk yang Akan Diulas dalam Blog
Mengapa Harus Pilih-pilih Produk yang Akan Diulas dalam Blog

Mengapa hal ini bisa menjadi tren? Setelah saya coba analisa, ha ini bisa karena banyak faktor. 👀

💸 Karena semua orang sedang digandrungi teknologi; semua orang punya gadget yang bisa mengakses internet. Produsen mengiklankan produk melalui Blogger, berarti mampu melihat peluang untuk dapat menjangkau lebih banyak  calon konsumen--bahkan bagi mereka yang tinggal di pelosok daerah--dibanding harus bergerilya satu-satu ke daerah tersebut, yang tentunya akan lebih banyak menghabiskan biaya dan tenaga. 

💸 Karena menjadi Blogger kini menjadi prestisius bagi siapapun yang giat bersosialisasi. Semua orang bisa menulis apa saja dan kapan saja, tentang apapun yang ia suka. Bahkan curhat, misalnya, seperti yang sedang saya lakukan ini 😂😂😂

💸 Karena di jaman ini, cari uang semakin susah. Sejak adanya MEA, orang-orang dari negara-negara ASEAN semakin lebih leluasa menjadi pekerja di negeri kita, pun sebaliknya. Ditambah lagi turis asing dari negeri semilyar umat yang kadang sering didapati polisi merangkap sebagai pekerja, dan ini fakta, yang menambah persaingan kerja semakin ketat. Sementara kebutuhan gaya hidup entah kenapa jadi semakin banyak. Hal inilah yang memaksa ibu-ibu rumah tangga, pekerja bahkan, mencari tambahan rejeki di luar penghasilannya.

Oke, tentu saja menjadi seorang Blogger itu menyenangkan. Bisa tambah banyak teman, bisa tambah banyak informasi, juga bisa tambah banyak uang--buat yang beruntung. Tapi adakalanya, saya merasa sedih. Bukan karena saya belum pernah menang lomba blog lho, ya. Tapi karena beberapa Blogger hampir tidak memilih dengan tepat produk yang mereka review.

Misalnya, karena saat ini semakin banyak jenis dan ragam kosmetik dan makanan, apalagi yang masuk ke Indonesia dari luar negeri, para Blogger (khususnya yang muslimah) lupa untuk mempertimbangkan kehalalan produk yang mereka review

Mengapa Harus Pilih-pilih Produk yang Akan Diulas dalam Blog
Mengapa Harus Pilih-pilih Produk yang Akan Diulas dalam Blog

Mengapa Harus Pilih-pilih Produk yang Akan Diulas dalam Blog?

Pernah sekali saya melihat tawaran review produk soju, minuman khas yang selalu ada di setiap drama-drama Korea itu, dan mendapati betapa antusias blogger muslimah, yang kali ini bisa saya identifikasikan dengan hijab yang mereka kenakan, mengajukan diri untuk bisa me-review produk tersebut. Halo? Apakah mereka lupa bahwa minuman soju selalu membuat tokoh dalam Drakor itu mabuk setelah meminumnya? Apakah mereka lupa, bahwa soju adalah nama lain dari minuman beralkohol yang diolah dengan cara tradisional di Korea sana? Dan apakah mereka lupa, segala makanan atau minuman yang megandung alkohol itu haram hukumnya?

Tapi tidak hanya sampai di sana. Beberapa blogger muslimah bahkan me-review produk kecantikan yang belum diketahui pasti kehalalannya. Oke, saya paham bahwa jangankan produk kecantikan dari luar negeri, ya, yang dapat izin beredar di Indonesia sejak puluhan tahun lalu saja masih banyak yang tidak punya sertifikat halal. Dan tidak berarti produk yang tidak memiliki sertifikat halal, maka menjadi haram. Tapi paling tidak, sebagai saudara sesama muslimah, saya mengingatkan untuk lebih peduli kepada apa yang kita gunakan dan konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini saya berikan bahan atau zat yang dikategorikan haram dalam sebuah kosmetik.

💸 Asam Alfa Hidroksi (AHA).
Sebuah senyawa kimia yang sangat berguna untuk mengurangi keriput dan memperbaiki tekstur kulit dan akan membuat kulit terasa lebih halus, kenyal dan mantap. Pemakaian senyawa AHA banyak macamnya. Akan tetapi, dalam pembuatannya, senyawa ini menggunakan media yang berasal dari hewan.

💸 Kolagen.
Bahan ini dimungkinkan berasal dari sapi, babi, atau organ manusia. Pada kosmetik, kolagen memiliki efek melembabkan. Dalam kosmetik bahan ini berefek pada proses pertumbuhan sel (jaringan), sehingga sangat penting untuk proses regenerasi sel. 

💸 Gliserin.
Gliserin merupakan turunan lemak. Penggunaan dalam kosmetik menghasilkan efek untuk membantu melembabkan, melembutkan, serta menghaluskan kulit. Pemakaian Gliserin terdapat pada pelembab, krim, lip-stick, hand & body lotion, sabun mandi, lip-glose, dan lain-lain. Bahan tersebut dapat berasal dari hewani (sapi, babi) & nabati (kelapa, sawit, dan lain-lain).

Selain bahan atau zat di atas, masih ada amnion, plasenta, unsur manusia, alkohol, pewarna dan pewangi yang juga menjadikan sebuah produk kosmetik menjadi haram. Bahan atau zat tersebut berasal dari hewan yang tentu saja harus dipastikan apakah hewan yang dipergunakan adalah hewan halal atau hewan yang diharamkan dalam syariat, juga cara pemotongan hewannya apakah dilakukan dengan cara syariat, dan apakah alat, dan juga pengolahannya sesuai dengan syariat. Oleh sebab itu, 🔊 pada titik inilah menurut saya sertifikat halal pada makanan, kosmetik, dan produk lainnya menjadi penting

Tentu kita semua para Blogger menuliskan sebuah postingan di dalam blog dengan tujuan agar tulisan kita bermanfaat bagi banyak orang. Jadi, agar nilai kebermanfaatan itu sesuai dengan syariat kita yang muslim, dan in syaa Allah juga akan sangat bermanfaat bagi pemeluk agama lainnya, karena sesungguhnya perihal halal dan tak halal ini pun memiliki tujuan kesehatan yang baik, mari mulai pilih-pilih produk yang akan kita ulas di dalam blog. Pilih yang terjamin kehalalannya! Semoga bermanfaat 😉😜

14 comments

Bener Mbak, kadang lupa dengan yang satu ini yak. Hehe. Padahal halal juga penting yak. Lebih nyaman jika tahu punya sertifikat halal terus produknya kualitas bagus.

Halo Mbak Aida, salam kenal.
Huum sih emang banyak banget ya yang review produk-produk yang kadang kita sendiri nggak tau ada kandungan apa didalamnya (enggak kepikiran sampe situ).
Makasih atas infonya Mbak... Aku aja nggak tau itu istilah-istilah kandungannya gitu hehe

Setuju Mba, saat ini produk-produk dalam negeri yang sudah bersertifikat halal juga sudah banyak sekali. Bahkan, beberapa negara lain kini mulai tertarik untuk membuat produk makanan, kosmetik, dll. yang bersertifikat halal :) Tingga kita yang lebih peduli dengan apa yang kita gunakan dan konsumsi :) Terima kasih sudah berkunjung.

Semoga dengan ini bisa mengingatkan, dan juga semoga menambah informasi yang membaca :)

wah thanks mengingatkan, harus lebih jeli baca bahan baku nih. rasanya sih AHA, Gliserin, Kolagen itu nyaris ada di banyak kosmetik yg beredar, dan di antara yg banyak beredar itu enggak semua punya sertifikasi halal, karena kadang sertifikasi halal itu juga butuh proses panjang utk mendapatkannya. harus lebih jeli lagi baca kandungan produk kalau begitu, siapa tau ada yg belum punya sertifikasi halal tp kandungannya dari nabati bukan hewani.....

Mungkin karena euforia gretonk-annya mba jadi sampe mengabaikan produk apa yang hendak di review :) makasih loh mba uda diingetin dan baru tahu ttg Soju xixixi..
salam kenal mba Aida

bener ini...
kadang ngerasa itu bukan makanan..cuma dipakai diluar aja.., gak kepikiran bahwa ada bahan yang dilarang , makasih udah ngingetin mba..

Iya Mba, bener banget untuk kalimat terakhir, selain berasal dari hewani, kandungan-kandungan tersebut juga dimungkinkan berasal dari nabati, jadi masih aman, tinggal bergantung dengan alat-alat dan cara mengolahnya :) Terima kasih juga Mba, mengingatkan bagian ini :)

Iya, Mba, gratis memang kata yang sangat menggoda =D Salam kenal juga Mba Herva ^^

Thanks banget atas informasinya.

Terima kasih juga sudah berkunjung =D

wah setuju banget mbak dengan tulisan ini. Kita sebagai blogger muslimah harus kudu pilih-pilih ya mbak, apalagi masalah kehalalan. Makasih sharingnya mbak ;))

Waduw ... habis baca tulisan mba, aku jadi perhatiin komposisi dari produk perawatan yang kupakai lho. Kan deg degan kalau ada yang ternyata haram.

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon