19 Dec 2016

Tiga Tips Menjadi Guru yang Lebih Baik

Tiga Tips Menjadi Guru yang Lebih Baik - Pada usia dua puluh satu saya baru tersadar bahwa tidak ada hal di dunia ini yang disebut sebagai keberuntungan. Kesempatan? Itu adalah suatu hal yang berbeda. Kesempatan tidak datang secara acak tetapi datang dari sebuah proses aktivitas tertentu atau yang biasa kita kenal dengan istilah kerja keras.
Menjadi Guru yang Lebih Baik
Tiga Tips Menjadi Guru yang Lebih Baik
Ada kalanya, saya menemukan siswa saya sumringah karena merasa beruntung mendapatkan nilai baik dalam ujian mereka. Sementara saya tahu betul bahwa sebenarnya, tanpa perasaan beruntung itu pun, ia mampu. Ia pintar, terbuka, dan ulet dalam mengerjakan apapun. Satu-satunya hal yang perlu dia butuhkan adalah keyakinan bahwa ia bisa melakukannya tanpa sebuah keberuntungan.

Jika Anda adalah seorang guru dan atau pengajar, lalu pernah menemukan kejadian serupa seperti apa yang saya jumpai di sekolah, berikut ini beberapa tips untuk mengubah cara pikir mereka, bahwa mereka tidak membutuhkan sebuah keberuntungan untuk mendapatkan hal baik dalam hidup mereka.

Lebih Banyak Mendengarkan
Kebanyakan seorang guru, trainer, pengajar, atau apapun itu namanya adalah seorang yang paham betul tentang apa yang mereka ajarkan kepada siswanya. Berapa banyak dari Anda yang mengajarkan topik tertentu selama bertahun-tahun? Apakah kelasmu berkembang dan berubah? Apakah sudut pandangmu terhadap kelasmu yang berkembang itu tetap sama?

Kita tentu perlu memikirkan kembali tentang metode apa yang bisa kita gunakan untuk mengajarkan topik tertentu selama bertahun-tahun lamanya. Tentu saja, karena setiap kelas memiliki perbedaan. Bahwa kelas yang sama bisa jadi memiliki cara berpikir yang berbeda dari bagaimana mereka berpikir tahun lalu. Bahwa di detiap kelas, terdiri dari beberapa individu berbeda yang terdiri dari puluhan otak dengan cara kerja yang berbeda.

Maka, ada baiknya jika pada tiap awal semester atau tiap awal tahun, Anda memberikan sebuah kuisioner atau jajak pendapat tentang apa yang ingin mereka lakukan selama satu semester atau satu tahun ke depan. Saya rasa, jawaban mereka pastinya akan membuat Anda terkejut. Selain mereka akan lebih bersemangat, mereka juga akan lebih menghargai Anda yang lebih banyak mendengarkan keinginan mereka.

Melakukan Hal di Luar Rutinitas 
Improvisasi adalah hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan di dalam kelas. Hal ini akan membawa angin segar bagi siswa atau pun bagi Anda sebagai seorang guru. Sebaiknya, sebelum melakukan perubahan besar pada kelas Anda, lakukan perubahan kecil pada diri Anda sendiri. Perubahan sekecil apapun akan memberikan dampak yang berbeda dalam cara Anda mengajar di dalam kelas. Misalnya saja, memilih rute yang berbeda dalam perjalanan Anda menuju sekolah. Hal ini akan membantu me-refresh ingatan Anda tentang jalan yang Anda lalui setiap harinya. Bukan tidak mungkin, di rute yang baru, Anda akan menemukan hal baik yang bisa Anda bagi di kelas Anda. Dan apa yang Anda bagi, bisa saja menginspirasi siswa-siswa Anda.

Menjadi Lebih Berani 
Apakah Anda pernah memikirkan sesuatu tapi tidak pernah Anda lakukan? Apakah Anda pernah ingin melakukan sesuatu tapi berhenti sampai di situ saja? Tolong pahami bahwa apapun yang Anda lakukan akan memberikan tantangan bagi Anda. Mulailah apa yang sudah Anda pikirkan dalam beberapa hari atau minggu atau bulan terakhir. Menulis sebuah buku, mendalami ilmu bela diri, menulis blog, atau bahkan membuat taman baca Anda sendiri.

Lakukan! Dan Anda akan mendapatkan lebih banyak hal untuk dilakukan. Dan Anda akan mendapati kenyamanan dan kepuasan di kemudian hari bahwa Anda telah melakukan apa saja untuk menjadi lebih baik dalam hidup Anda. Lakukan dan berilah contoh kepada siswa Anda, bahwa sebuah keberuntungan tidak diperlukan dalam meraih sukses. Cukup dengan sebuah kesempatan dan keinginan yang kuat.

Dan saya juga akan melakukanya. Belajar menggambar, belajar desain untuk blog, dan belajar memasak untuk suami tercinta saya 😂

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon