16 Dec 2016

Tips Mengisi Liburan Ala Blogger Bagian 1

Tips Mengisi Liburan ala Blogger - Tanpa terasa, tiba-tiba sudah di penghujung tahun. Yeaaah! Liburan segera datang dan hatiku senang. Saya ingat betul, tahun lalu saya menghabiskan akhir tahun saya yang bertepatan dengan libur sekolah semester ganjil, bukan bersama suami saya, atau keluarga besar saya, melainkan bersama murid-murid yang saya kasihi di sebuah kampung nun jauh di timur Pulau Jawa. Pare.

Karena program sekolah yang salah satu program unggulannya adalah menciptakan manusia yang cakap dalam berbahasa Inggris demi menyongsong masa depan yang cetar cerah, suip, maafkan bahasa saya yang agak lebay, maka dikirimlah saya berserta beberapa guru lainnya untuk mendampingi sekaligus memperfasih--apa pula memperfasih ini--kemampuan bahasa asing kami, lebih kususnya adalah bahasa Inggris.

Well yeah, it's kinda like something I don't like to do. Menggunakan bahasa Inggris di kelas saya, sungguh, itu terlalu menyakiti perasaan saya sebagai guru Bahasa. Karena rasanya harga diri saya sebagai guru Bahasa hilang entah bersembunyi di mana. Meskipun sebenarnya, permintaan tempat saya bekerja adalah untuk menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan.

Baiklah, baiklah, anggap saja paragraf di atas adalah curhat colongan yang tidak sengaja saya tik karena antusiasme saya tentang hal ini sungguh meledak-ledak. Kembali ke topik awal, tentang liburan tentunya. Karena tahun lalu selama liburan sekolah saya, satu hari pun, tidak menemani suami saya yang juga bekerja banting tulang dan laptop karena kadang suka hang, maka saya putuskan tahun ini saya akan duduk manis di rumah menemani suami saya bekerja, sekaligus membantunya, jika diperlukan. Oke, fix.

Jadi, apa yang bisa lakukan untuk liburan kali ini? Sebagai seorang blogger yang memiliki pekerjaan tetap-bukan-blogger, tentu banyak hal yang bisa dilakukan saat pekerjaan tetapmu sedang libur. Justru menjadi kesempatan yang amat baik bagi Kamu untuk bisa lebih produktif dan berinovasi. Nah, agar liburan kali ini benar-benar bisa menghasilkan karya, maka saya tuliskan hal apa saja yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan. Untuk lebih jelasnya, bisa disimak dalam infografik berikut ini.
Tips Mengisi Liburan ala Blogger - Menulis
Tips Mengisi Liburan ala Blogger - Menulis
Hahaha. Eits, tunggu dulu! Jangan misuh-misuh dulu karena ternyata yang bisa saya sarankan untuk Kamu lakukan hanyalah menulis, menulis, dan menulis. Justru karena hal inilah, peribahasa 'ala bisa karena biasa' dan 'practice makes perfect' itu ada. Dengan lebih banyak berlatih dan berlatih, semua hal akan menjadi biasa dan akhirnya bisa dikuasai dengan baik. Sama halnya seperti belajar, saya selalu percaya bahwa semua siswa bisa melakukan apa yang siswa lain bisa lakukan. Mereka hanya butuh minat dan berlatih sebanyak yang mereka bisa lakukan. Tapi, saya juga percaya bahwa setiap siswa memiliki takdirnya masing-masing.

Sejatinya kamu bukan seorang blogger, Kamu tetap bisa melakukan tips yang saya berikan. Misalnya, kamu adalah pelajar yang suka menggambar komik, maka liburan kali ini harus Kamu menggunakan sebaik mungkin waktumu untuk berlatih dan terus berlatih. Begitu juga jika kamu suka memasak, Kamu bisa menghabiskan lebih banyak waktu di dapur untuk bereksperimen dengan resep-resep baru. Apapun yang kamu sukai, maka manfaatkan liburan ini untuk mengasah kemampuanmu!

Jadi, sudah siapkah Kamu untuk berlatih menulis, menulis, dan menulis lagi? Tips Mengisi Liburan Ala Blogger selesai.

2 comments

Sudah siap dong, yang perlu dipersiapkan adalah ide menulis apa,

Luar biasa. Tapi betul juga, ide menulis harus disiapkan pula. Mungkin tips tentang persiapan menulis akan saya tulis di entri berikutnya Mba Astin. Thanks for visiting ^^d

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon