18 Oct 2017

Makanan Rendah Kalori yang Baik untuk Diet [Bagian 1]

Makanan Rendah Kalori yang Baik untuk Diet [Bagian 1] - Ingin diet mudah? Kita harus tahu makanan apa yang paling cocok untuk dikonsumsi. Tidak hanya menahan lapar dan mengurangi porsi makan.
Makanan Rendah Kalori yang Baik untuk Diet [Bagian 1]
Makanan Rendah Kalori yang Baik untuk Diet [Bagian 1]
Tidak semua kalori diciptakan sama. Makanan yang berbeda akan melewati jalur metabolisme yang berbeda dalam tubuh. Makanan ini dapat memiliki efek yang sangat berbeda pada rasa lapar, hormon dan berapa banyak kalori yang kita bakar. Berikut adalah makanan dengan kalori rendah yang bisa melancarkan usaha diet kalian.

1. Telur
Setelah dikhawatirkan memiliki kolesterol tinggi, telur utuh terbukti membuat cerdas. Studi baru menunjukkan bahwa telur tidak mempengaruhi kolesterol darah dan tidak menyebabkan serangan jantung. Terlebih lagi, telur termasuk makanan terbaik yang bisa kita makan jika kita ingin menurunkan berat badan. 

Telur kaya akan protein, lemak sehat, dan bisa membuat kita merasa kenyang dengan jumlah kalori yang sangat rendah. Satu studi terhadap 30 wanita dengan berat badan berlebih menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan pagi, bukan bagel, membuat kenyang dan membuat mereka makan lebih sedikit untuk 36 jam berikutnya. Penelitian lain selama delapan minggu menemukan bahwa telur untuk sarapan meningkatkan berat badan dengan kalori lebih sedikit dibandingkan dengan bagel. 

Telur juga sangat padat nutrisi dan dapat membantu kita mendapatkan semua nutrisi yang kita butuhkan pada diet kalori. Bahkan, kenyataannya hampir semua nutrisi ditemukan di kuning telur.

2. Sayuran hijau
Sayuran hijau termasuk kangkung, bayam, roti, dan beberapa lainnya. Sayuran hijau pula memiliki beberapa sifat yang sempurna untuk diet penurunan berat badan. Selain rendah kalori dan karbohidrat, sayuran hijau sarat dengan serat. 

Mengkonsumsi sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume makanan kita, tanpa meningkatkan kalori. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan dan makanan dengan kepadatan energi rendah membuat orang makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan. 

Sayuran hijau juga sangat bergizi dan sangat tinggi dalam segala jenis vitamin, mineral dan antioksidan. Ini termasuk kalsium, yang telah terbukti membantu pembakaran lemak dalam beberapa penelitian.

3. Salmon
Ikan berminyak seperti salmon sangat sehat meskipun memiliki bau yang khas. Hal ini juga sangat baik, membuat kita merasa kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit. Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat dan juga mengandung segala macam nutrisi penting. 

Ikan, dan makanan laut pada umumnya, memasok sejumlah besar yodium. Nutrisi ini diperlukan untuk fungsi tiroid yang tepat dan yang penting, agar metabolisme tetap berjalan optimal. Studi menunjukkan bahwa sejumlah besar orang di dunia tidak mendapatkan semua yodium yang mereka butuhkan. Salmon juga dilengkapi dengan asam lemak Omega-3, yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan, yang diketahui memainkan peran utama dalam obesitas dan penyakit metabolik. Ikan makarel, sarden, herring dan jenis ikan berminyak lainnya juga sangat baik untuk diet.

4. Yoghurt
Makanan susu lain yang sangat baik adalah yoghurt. Yoghurt mengandung bakteri probiotik yang bisa meningkatkan fungsi usus kita. Memiliki usus yang sehat dapat membantu melindungi terhadap pembengkakan dan resistensi leptin, yang merupakan pendorong utama hormon obesitas. 

Pastikan untuk memilih yoghurt berlemak, penelitian menunjukkan bahwa susu berlemak, tapi tidak rendah lemak, dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas dan diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu. Yoghurt rendah lemak biasanya sarat dengan gula, jadi sebaiknya hindari hal itu.

5. Daging Sapi Tanpa Lemak dan Dada Ayam
Meski daging olahan tidak sehat, penelitian menunjukkan bahwa daging merah yang tidak diolah tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau diabetes. Menurut dua studi tinjauan besar, daging merah hanya memiliki korelasi yang sangat lemah dengan kanker pada pria, dan tidak ada korelasi sama sekali pada wanita. Yang benar adalah daging adalah makanan ramah berat badan, karena mengandung protein tinggi. 

Protein adalah nutrisi yang paling memuaskan, sejauh ini, dan mengonsumsi makanan berprotein tinggi dapat membuat kita membakar 80 sampai 100 kalori lebih banyak per hari. Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein kita menjadi 25-30% kalori dapat mengurangi hasrat sebesar 60%, mengurangi keinginan untuk ngemil larut malam hingga setengahnya, dan menyebabkan penurunan berat badan hampir satu pon per minggu hanya dengan menambahkan protein ke diet. 

Jika kita menjalani diet rendah karbohidrat, maka merasa bebas makan daging berlemak. Tapi jika kita menggunakan makanan berkadar zat padat sedang sampai tinggi, maka memilih daging tanpa lemak mungkin lebih tepat.

6. Kentang rebus
Kentang putih tampaknya tidak disukai karena alasan tertentu. Namun kentang rebus memiliki beberapa khasiat yang menjadikannya makanan yang sempurna, baik untuk menurunkan berat badan maupun kesehatan optimal. Kentang  mengandung beragam nutrisi yang sangat beragam, sedikit dari hampir semua yang kita butuhkan. Bahkan ada laporan tentang orang-orang yang hidup hanya dengan kentang saja untuk waktu yang lama. Mereka sangat tinggi potasium, nutrisi yang kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup dan memainkan peran penting dalam pengendalian tekanan darah.

Nah, itu tadi beberapa makanan rendah kalori yang baik untuk membantu diet kita. Semua makanan jenis rendah kalori tersebut banyak dan mudah dijumpai di sekitar kita. [Aida Basita]

4 comments

sangat informatif kak informasinya :)

Wah, kebetulan makanan kesukaan semua, nih. Sekarang pun lagi makan pake telor, hehe. Makasih informasinya :)

Saya pernah dengar kalau telur setengah matang lebih baik daripada yang dimasak mateng ala orang Indonesia. Bener gak ya?

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon