21 Nov 2017

Ngobrol Bareng MPR RI Dan Netizen Lampung, Catatan Bersejarah Blogger Serabutan

Ngobrol Bareng MPR RI Dan Netizen Lampung, Catatan Bersejarah Blogger Serabutan - Tak pernah terbayangkan oleh saya, jika pada suatu saat saya bisa berdiri sedekat ini dengan salah satu pembesar negara, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Bapak Zulkifli Hasan. Bagaimana tidak, lahir dan besar di ujung timur negeri ini, tepatnya di Jayapura (Papua) dengan latar belakang pekerjaan sebagai seorang blogger "serabutan", saya tak mau muluk-muluk untuk bisa bermimpi bertemu orang besar di dunia politik Indonesia. Paling tinggi, mimpi saya dulu ya sebatas bisa berjabatan tangan dengan Pak Camat sudah cukuplah.
Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung
Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung

Tapi di sini, di negeri Sai Bumi Ruwa Jurai alias Lampung ini, saya bangga bukan buatan, karena dapat mengambil swafoto bersama Ketua MPR RI dengan hanya berjarak 50 sentimeter saja. Tentunya catatan ini mampu melampaui cita-cita sekadar menyalami pak Camat tadi. Walaupun untuk bisa mewujudkannya, saya harus mengeluarkan tenaga ekstra dan kelihaian "berjibaku" bersama beberapa ibu-ibu blogger yang juga tak kalah kalapnya saling senggol, agar bisa mendapatkan kesempatan berfoto dengan Pak Zulkifli Hasan.

Mungkin diantara sahabat pembaca akan bertanya-tanya, Kok pak Ketua MPR RI mau sih foto sama masnya? Ya mau lah !?!?!, kan saya termasuk rakyat Indonesia, masa ga boleh foto sama wakil rakyat. Maaf, maksud saya tidak seketus itu, jawabannya karena sebenarnya saya saat itu sedang mengikuti acara Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung.

Ya, inilah catatan bersejarah dalam hidup saya, semenjak hijrah dari Papua ke Lampung dan banting setir dari pekerja serabutan atau bahasa halusnya freelancer, menjadi seorang blogger yang tergabung di komunitas Tapis Blogger. Singkat cerita, saya mendapat kesempatan diajak, atau lebih tepatnya memaksa untuk diajak komunitas Tapis Blogger untuk bisa mengikuti acara Ngobrol Bareng MPR RI yang dilangsungkan pada tanggal 19 November 2017 di ruang pertemuan hotel Swiss-Belhotel Lampung. Bagaimana ceritanya? Ini dia keseruannya!

Jangan bayangkan acara bertemu jajaran pembesar di MPR RI ini membosankan, dan hanya diisi dengan pidato seputar tata negara, undang-undang negara, atau politik semata yang bisa bikin pesertanya cepat terserang kantuk. Pasalnya, pada acara yang diprakarsai oleh MPR RI ini, netizen Lampung disuguhi pemaparan santai dan unik ala Sekjen MPR RI, Bapak Ma'ruf Cahyono, tentang upaya menghadapi masalah bangsa yang sedang trending saat ini seperti berita hoax yang mengakibatkan kids jaman now gagal paham menjadi generasi micin tak taat aturan.
Sekjen MPR RI di Acara Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung
Sekjen MPR RI, Bapak Ma'ruf Cahyono di Acara Ngobrol Bareng MPR RI

Ditambah pula dengan penyampaian sosialisasi Empat Pilar MPR RI, yaitu:
  • Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara
  • UU NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara
  • NKRI sebagai bentuk negara 
  • Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.
Tak hanya itu, Sekjen MPR RI Pak Ma'ruf Cahyono juga membawakan puisi syahdu berjudul Manifesto yang isinya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk kembali merapatkan barisan dalam persatuan dan persaudaraan.
Masih Indonesiakah kita
Setelah sekian banyak jatuh bangun
Setelah sekian banyak tertimpa dan tertempa
Setelah sekian banyak tebentur dan terbentuk

Masihkah kita meletakkan harapan di atas kekecewaan
Persatuan di atas perselisihan
Musyawarah di atas amarah
Kejujuran di atas kepentingan

Ataukah ke-Indonesiaan kita telah pudar
Dan hanya tinggal slogan dan gambar?

TIDAK!

Karena mulai kini, nilai-nilai itu kita lahirkan kembali
Kita bunyikan dan kita bimikan
Menjadi jiwa dan raga setiap manusia Infonesia
Dari Sabang sampai Merauke
Kita akan melihat lebih banyak lagi
Senyum ramah dan tegur sapa
Gotong royong dan tolong menolong
Kesantunan bukan anjuran tapi kebiasaan
Kepedulian menjadi dorongan
Dari terbit hingga terbenamnya matahari
Kita melihat orang-orang berpeluh tanpa mengeluh
Berkeringat karena semangat
Kerja keras menjadi ibadah
Ketaatan menjadi kesadaran
Kejujuran menjadi bagian harga diri dan kehormatan
Wajah mereka adalah wajah Indonesia yang sebenarnya
Tangan mereka adalah tangan Indonesia yang sejati
Keluhuran budi mereka adalah meluhuran Indonesia yang sesungguhnya
Hari ini kita gemakan, Ini Baru Indonesia!

Acara puncak Ngobrol Bareng MPR RI tak lain dan tak bukan, diisi oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia, Bapak Zulkifli Hasan, yang tadi swafoto sama-sama saya itu loh. Dengan tampilan santai tapi berwibawa, Ketua MPR RI disambut dengan riuh tepuk tangan dari netizen Lampung yang hadir dalam acara tersebut. Tak terkecuali, saya pun tidak mau kalah semangat bertepuk tangan sembari menjulurkan kepala agar bisa terlihat oleh Pak Zulkifli Hasan, sampai tak sadar kalau kaki telah menginjak kaki istri saya yang sama-sama blogger dan sama-sama memaksa untuk bisa diikutkan dalam acara seru itu.
Ketua MPR RI di Acara Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung
Ketua MPR RI, Bapak Zulkifli Hasan di Acara Ngobrol Bareng MPR RI

Nah, di acara utama Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung, Pak Zulkifli Hasan menyampaikan beberapa wejangan dan poin penting bagi netizen Lampung, diantaranya adalah: 
  1. Mengajak pegiat internet alias Netizen Lampung secara khusus, agar dapat menjadi jembatan penyambung pesan positif antara MPR RI dan rakyat Indonesia. 
  2. Netizen Lampung juga diharapkan bisa memberikan edukasi politik agar dapat terwujudkan negara dengan rakyat yang cerdas dan bijaksana
  3. Dan yang tak kalah pentingnya adalah ajakan untuk menjaga nilai-nilai kejujuran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Makin malam, acara "benar-benar" menjadi ngobrol bareng dengan diberikannya kesempatan kepada netizen yang hadir untuk menyampaikan pandangannya dan mengajukan pertanyaan yang langsung dijawab oleh Pak Zulkifli Hasan. Menjelang akhir acara Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung, Ketua MPR RI juga menitipkan pesan kepada blogger maupun netizen lainnya untuk juga mempromosikan keindahan Lampung kepada dunia, baik itu promosi wisata alam maupun adatnya.

Nah, usai mendapatkan asupan informasi penting dan bermanfaat dari Sekjen MPR RI dan Ketua MPR RI, maka tibalah saat yang saya tunggu di penghujung acara Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen lampung. Ya, acara berfoto bersama, dengan semangat Pancasila dan UUD 1945 saya dan istri merangsek maju di tengah-tengah kerumunan "massa" ibu-ibu yang tak kalah militannya untuk bersaing mendapatkan pose ideal untuk bisa selfie ala kids jaman now bersama Ketua MPR RI, Pak Zulkifli Hasan. Hasilnya seperti apa? Lihat saja sendiri di bawah ini.
Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung (Tapis Blogger)
Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung (Sumber Gambar: Tapis Blogger)


Bagaimana, seru dan unik bukan acaranya? Demikianlah catatan bersejarah dalam hidup saya ketika menghadiri acara Ngobrol Bareng MPR RI dan Netizen Lampung. Semoga sajian ini bisa bermanfaat kepada rekan-rekan blogger maupun netizen di Indonesia sekaligus menjadi ajakan untuk selalu menjadi agen kebaikan dalam menyampaikan hal-hal positif di dunia internet.

7 comments

wih, keren. lengkap dan detail. seru kegiatnnya

Momen yang bersejarah ya, Mas. Sukses selalu blohging-nya. Doakan saya yang masih newbie ini. Hee..

Mantap, foto saya terpapang di atas paling depan.. Makin ya mas.. Hehe.. Artikelnya keren..

Bener banget bang Mail. Ini momen bersejarah. Well done :)

Wah salam kenal, yang mana sih orangnya? Kunjungi blogku juga ya..

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon