Dec 21, 2017

OPPO Selfie Tour with F5 Lampung : Foto Traveling Sempurna Berbekal OPPO F5

OPPO Selfie Tour with F5 Lampung : Foto Traveling Sempurna Berbekal OPPO F5 - Apa yang terbayang di benakmu ketika menyebut kata traveling? Boleh jadi akan muncul banyak jawaban yang berkaitan dengan traveling, entah itu menyebut keindahan dan keunikan di tempat tujuan traveling, semisal pantai, gunung, atau landmark ternama di sebuah kota. Tak hanya itu, mungkin sebagian diantara kita akan menyebutkan kisah dari pengalaman seru saat traveling, sebagai jawabannya.
OPPO Selfie Tour with F5 Lampung : Foto Traveling Sempurna Berbekal OPPO F5
Sumber Gambar: OPPO Selfie Tour with F5 Lampung

Namun, tahukah kamu sebanyak dan seseru apapun sebuah kisah traveling-mu, semua tak akan terasa lengkap tanpa satu hal. Apa itu? Jawabannya adalah foto. Ya, tanpa foto sebagai bentuk dokumentasi perjalanan, maka kisah traveling-mu hanya akan dianggap hoax oleh orang lain. Diibaratkan orang yang ingin makan, traveling tanpa foto, sama seperti makan tanpa piring, seenak apapun menunya namun bila tak ada piring untuk menyajikannya, tentu akan sulit bagi seseorang untuk bisa menikmati makanan tersebut. Terlihat sedikit ngawur ya analoginya? Tapi itulah kenyataannya, foto memiliki arti penting dan hampir tak bisa dipisahkan dengan kisah traveling.

Berbicara tentang foto traveling zaman now, kita bisa merasakan perubahan besar makna sebuah foto. Di zaman old school dulu tak ada yang mempermasalahkan kualitas dari foto traveling, yang penting ada dan bisa dilihat pun sudah cukup. Tapi kini, seiring perkembangan teknologi, kualitas foto traveling menjadi hal yang benar-benar diperhatikan. Tak percaya? Coba saja posting foto traveling-mu di Instagram. Foto yang diambil dengan tampilan sedikit gelap atau sedikit nge-blur, maka hampir bisa dipastikan like yang didapatkan dari teman follower-mu tak sebanyak postingan foto berkualitas HDR yang tajam dengan detail objek yang jelas. Dari sini bisa kita ketahui, selain objek di dalam gambar, maka foto traveling akan dinilai bagus bila memiliki kualitas gambar yang tinggi.

Pertiii...nnyiii...innyiii !!! Apakah untuk mengambil foto traveling berkualitas tinggi harus menggunakan kamera DSLR yang mahal? Kalau kamu termasuk orang dengan pertanyaan serupa, tandanya traveling-mu kurang jauh Bro or Sis. Perlu diketahui, dengan perkembangan teknologi yang kian pesat, kamu bisa menggunakan sarana alternatif selain kamera DSLR ataupun kamera mirrorless berharga selangit itu, yakni dengan menggunakan kamera smartphone OPPO F5 super canggih cetar membahana sepanjang jalan tol Bakauheni–Bandar Lampung–Terbanggi Besar. Tak percaya? Untuk menjawab keraguanmu, saya akan menceritakan  bagaimana pengalaman saya ketika "tersadar" akan pentingnya arti kualitas foto traveling ketika mengikuti acara OPPO Selfie Tour with F5 yang menyinggahi Lampung beberapa waktu lalu.

OPPO Selfie Tour with F5 Lampung, Show Begin!

Berkolaborasi dengan detikNet, OPPO Indonesia mengadakan acara bertajuk OPPO Selfie Tour with F5 untuk mengunjungi beberapa kota di Indonesia. Tujuan acara ini adalah untuk memperkenalkan produk unggulan baru OPPO, yaitu OPPO F5 Series. Nah, pada hari Selasa (19/12/2017) OPPO Selfie Tour with F5 menyambangi Lampung di hotel Novotel, Bandarlampung, dan tentunya saya juga ikut nimbrung di acara tersebut sebagai peserta.

Sebelum mengulas isi dari acara penuh pengetahuan seputar OPPO F5, ada baiknya saya perkenalkan dulu siapa saja pembicara di acara sarat ilmu yang mencerahkan tersebut. Pertama ada pembicara dari perwakilan OPPO Indonesia, yaitu bapak Aryo Meidianto yang menjabat sebagai PR Manager OPPO Indonesia. Selanjutnya ada Fahmi perwakilan detikNet, lalu ada Mellisa Bonauli P dari redaksi detikTravel yang akrab disapa dengan panggilan mbak Bona, dan terakhir ada Renhard Harjanto dari yangcanggih.com. Sementara itu, peserta acara OPPO Selfie Tour with F5 dihadiri oleh lebih 30 peserta yang berasal dari berbagai latar belakang, seperti mahasiswa, blogger, youtubers, bahkan terselip pula jomblo-jomblo ngenes yang kerap celingukan memperhatikan peserta lainnya yang bisa disasar sebagai gebetan.
OPPO Selfie Tour with F5 Lampung
Acara OPPO Selfie Tour with F5 Lampung

Acara OPPO Selfie Tour with F5 Lampung diawali dengan warmingup alias pemanasan dengan diadakannya sesi games lucu oleh panitia acara yang melibatkan perwakilan beberapa peserta, berhadiah goody bag dari OPPO. Usai sesi games, maka dimulailah acara yang sebenarnya saya tunggu, yaitu pemaparan komplit tentang komitmen OPPO dengan jargon Selfie Expert & Leaders-nya, berikut dengan pembahasan detail fitur-fitur unggulan dari seri OPPO F5 oleh bapak Aryo Meidianto (PR Manager OPPO Indonesia). Ada juga "kesaksian" user experience OPPO F5 oleh Mas Fahmi, Mbak Bona, dan Mas Renhard. Adapun informasi yang berhasil saya tangkap dengan mata, telinga, dan rasa perihal isi dari OPPO Selfie Tour with F5 Lampung  tersebut adalah sebagai berikut.

OPPO F5, Selfie Expert & Leaders

Disampaikan oleh bapak Aryo Meidianto, OPPO dari awal kehadirannya telah berkomitmen menjadi Smartphone Selfie. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran smartphone OPPO Find Way di tahun 2012 yang mengusung kamera layar depan dengan fitur beautyfication pertama, alias kamera selfie berkemampuan mempercantik hasil fotonya.
OPPO Selfie Tour with F5 Lampung : Aryo Meidianto PR Manager OPPO Indonesia
Aryo Meidianto, PR Manager OPPO Indonesia

Hingga pada akhirnya OPPO merilis seri F (F1, F1S dan F1 Plus) sekaligus mendeklarasikan tag line fenomenalnya, "Selfie Expert". Lantas, kenapa sekarang jargon itu berubah menjadi  "Selfie Expert & Leaders"? Bukan tanpa alasan, diketahui bahwa OPPO merupakan vendor smartphone yang paling fokus untuk urusan selfie dibanding yang lainnya di Indonesia, ditambah dengan kehadiran beberapa fitur baru spesial untuk urusan selfie di OPPO F5 Series, serta asumsi masyarakat di Indonesia yang selalu mengasosiasikan smartphone berkamera selfie dengan OPPO, tentu menegaskan bila OPPO F5 Series sangat tepat untuk menyandang tagline "Selfie Expert & Leaders" 

Great Features of OPPO F5

Mengulas tentang smartphone, tentunya akan berhubungan langsung dengan fitur yang diusung. Nah, apa saja fitur unggulan yang tersemat pada OPPO F5 dan bagaimana keunggulan fitur fitur tersebut? Masih dipandu oleh bapak Aryo Meidianto, diungkapkan beberapa fitur unggulan OPPO F5, diantaranya adalah:

Personalized Beauty Effect
Fitur unggulan OPPO F5 ini terbilang unik dan luar biasa canggihnya, bagaimana tidak jika Personalized Beauty Effect ini bekerja dengan dukungan teknologi canggih terkini yang disebut dengan Artificial Intelligence (AI), atau yang dalam bahasa Indonesia dinamai dengan kecerdasan buatan. Ketika pengguna mulai menyalakan kamera untuk selfie, maka Personalized Beauty Effect dengan AI-nya akan memindai dan melakukan pengenalan wajah pengguna yang disebut dengan Beauty Recognition, selanjutnya hasil pemindaian akan memetakan titik-titik khas pada wajah untuk menentukan profil pengguna. Nah, informasi profil tersebut akhirnya akan diolah untuk menghasilkan foto selfie yang lebih natural dan "manusiawi", atau secara sedehana OPPO F5 bisa memberikan hasil yang benar-benar nyata atau dalam istilah kerennya OPPO F5 can Capture The Real You . Hebatnya lagi, fitur ini tak hanya bekerja untuk foto saja, akan tetapi dapat pula berfungsi pada penggunaan kamera ketika digunakan untuk merekam video.

➢ Face Priority Exposure
Fitur ini membuat kamera akan memprioritaskan wajah terlebih dahulu. Nah, dengan fitur Face Priority Exposure, foto objek yang diambil membelakangi cahaya mampu diolah sedemikian rupa agar tetap dapat menampilkan hasil terbaik pada objek dan tidak terlihat gelap.

➢ Full Touch Interface
Fitur Full Touch Interface di OPPO F5 membuat layar perangkat menjadi Full Srceen Display, tanpa tombol fisik. Ini artinya, layar akan terlihat lebih luas dan lebar dengan semua tombol pengoperasian perangkat ada di dalam layar touchscreen.

➢ Virtual Navigation Key dan Navigation Gesture
Walaupun tak memiliki tombol fisik, bukan berarti pengguna akan menjumpai kesulitan ketika mengoperasikan OPPO F5. Pasalnya, smartphone ini dilengkapi dengan fitur Virtual Navigation Key dan Navigation Gesture yang justru membuat pengoperasian perangkat menjadi lebih cepat, dibandingkan menggunakan tombol fisik.

➢ Finger Print
Mungkin kamu sudah tak asing lagi dengan fitur Finger Print sebagai fitur keamanan, pada OPPO F5, fitur Finger Print bekerja dengan kecepatan reaksi super cepat yaitu 0.04 detik.

➢ Facial Unlock
Fitur ini merupakan fitur keamanan baru yang diusung OPPO. Dengan menggunakan teknologi AI (Artificial Intelligence) fitur ini bisa digunakan untuk mengaktifkan kunci layar utama hanya dengan mengarahkan wajahmu ke depan layar, tak sampai satu detik. Kelebihan Facial Unlock di OPPO F5 juga tak main-main, perubahan tampilan wajah, misalnya dari penggunaan kacamata dan selepas menggunakan kacamata, fitur ini mampu bekerja dengan cepat untuk mengaktifkan layar

➢ Kids Space
Fitur unggulan OPPO F5 satu ini juga terbilang unik, dan sangat cocok bagi pengguna yang memiliki anak. Mengapa fitur ini saya sebut unik? Ya, ketika fitur ini diaktifkan, maka anak-anak hanya bisa mengakses aplikasi yang memang diatur untuk mereka, sehingga tak ada lagi masalah aplikasi yang tak sengaja terhapus atau pulsa yang tiba-tiba habis karena tak sengaja menekan tombol telepon.

➢ Payment Protecion
Fitur ini berfungsi untuk mengamankan setiap aktivitas pembayaran alias transaksi mobile payment, dengan cara memberikan informasi hasil pemindaian risiko keamanan pembayaran. Selain itu, fitur ini juga bisa mengamankan setiap usaha pencurian akses data pribadi yang berhubungan dengan mobile payment.

➢ Fitur Dukungan Untuk Gamers
OPPO F5 juga memiliki fitur yang memanjakan gamers. Selain menyediakan permainan AOV yang sedang tren saat ini, OPPO F5 juga bisa mendukung gamers dengan mengantisipasi setiap aktivitas yang bisa mengganggu jalannya game. Misalnya saja, ketika ada panggilan masuk, maka tampilan layar game tidak akan dialihkan ke layar panggilan, akan tetapi gamers akan mendapati notifikasi kecil di layar game yang memberitahukan ada panggilan masuk. Kerennya lagi, gamers bisa memutuskan menolak atau menerima panggilan dengan mengakses pilihan pada notifikasi tersebut, tanpa harus keluar dari permainan.

Untuk lebih lengkapnya, kamu juga bisa lihat daftar spesifikasi OPPO F5 dan harganya pada gambar di bawah ini.
Spesifikasi OPPO F5
Spesifikasi OPPO F5


Usai mendengarkan penjelasan komplit dan segar ala bapak Aryo Meidianto yang mengulas semua fitur unggulan OPPO F5, dalam hati saya pun bertanya tanya, dari semua fitur unggulan tersebut apakah OPPO F5 tepat untuk digunakan untuk traveling? Kamu juga punya pertanyaan yang sama? Nah, kebetulan sekali, selepas pemaparan tentang fitur smartphone ahlinya selfie OPPO F5, acara dilanjutkan dengan mendengar pengalaman narasumber yang sebelumnya telah lebih dulu menjajal smartphone kece badai ini. Seperti apa kisahnya? Ini dia ceritanya. 

OPPO F5 User Experience

Pertama ada mas Fahmi dari redaksi detikNet. Ia mengungkapkan bagaimana kehebatan kemampuan Beauty Recognition pada fitur Personalized Beauty Effect dari kamera depan OPPO F5 yang ia gunakan. Dijelaskan padanya bahwa hasil menggunakan OPPO F5 untuk mengambil foto selfie dengan penggunaan efek Beauty Recognition tetap natural layaknya pria, dan tidak menghasilkan foto selfie yang terlalu "cantik" atau berlebihan. Tak hanya itu, mas Fahmi juga mengungkap ketersediaan sarana penyimpanan data pada OPPO F5 yang begitu luas dan lengkap, dimana salah satunya dilengkapi dengan sarana menyimpan data dengan layanan OPPO Cloud.

Pemaparan user experience OPPO F5 berlanjut ke narasumber yang mewakili detikTravel, yaitu Mellisa Bonauli P. alias mbak Bona yang membagikan pengalaman menggunakan OPPO F5 dari sisi traveler. Pada sesi ini, mbak Bona memberi catatan penting pada ketahanan daya baterai OPPO F5 yang terbilang sangat hemat, sekalipun digunakan seharian untuk mengambil foto-foto obyek wisata di Lampung. Diungkapkan pula bagaimana kemampuan kamera belakang OPPO F5 yang bisa menangkap momen penting dengan reaksi yang sangat cepat, dan benar-benar mampu menghasilkan foto berkualitas walaupun harus menghadapi tantangan cuaca sampai dengan jarak pengambilan gambar yang membutuhkan zoom (pendekatan lensa kamera) dengan memanfaatkan mode Expert di OPPO F5, diantara beberapa obyek wisata Lampung yang di berhasil diabadikan mbak Bona menggunakan OPPO F5 dan ditunjukkan kepada peserta OPPO Selfie Tour with F5 Lampung adalah Puncak Mas, Menara Siger, dan Pantai Krakatoa.
OPPO Selfie Tour with F5 Lampung, Fahmi dan Mellisa Bonauli P
Mas Fahmi dan Mbak Mellisa Bonauli P

Terakhir, ada Renhard Harjanto dari yangcanggih.com mengungkapkan bagaimana pengalamannya menggunakan salah satu seri OPPO F5 yaitu OPPO F5 Youth. Mengupas lebih detail tentang hasil foto tangkapan kamera OPPO F5, baik itu menggunakan kamera depan dan kamera belakang perangkat tersebut. Pada pemaparannya, saat memanfaatkan kamera depan untuk mengambil foto selfie, Renhard menjelaskan bila ternyata kamera depan OPPO F5 dengan teknologi Beauty Recognition-nya bisa menghasilkan kualitas foto selfie yang tetap terlihat natural di berbagai kondisi pencahayaan.

OPPO Selfie Tour with F5 Lampung, Renhard Harjanto
Mas Renhard Harjanto

Hebatnya, Mas Renhard dan Pak Aryo Meidianto juga menunjukkan kepada para peserta acara OPPO Selfie Tour with F5 Lampung hasil cetak dari foto-foto yang diambil menggunakan kamera OPPO F5, dan tahukah kamu bahwa hampir jarang bahkan mungkin belum ada vendor smartphone yang berani untuk memperlihatkan hasil cetak dari kamera smartphone mereka. Nah, untuk hal ini saya jujur mengakui kamera depan dan belakang OPPO F5 memberikan bukti nyata dan saya berikan semua jempol yang saya punya untuk OPPO F5.  

Try Out OPPO F5

Menjelang akhir acara OPPO Selfie Tour with F5 Lampung ada kejutan yang diberikan OPPO kepada peserta acara, yaitu kesempatan bagi para peserta untuk mencoba langsung seri perangkat OPPO F5. Tentu saja saya tidak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Kebetulan saya lebih tertarik untuk menjajal kemampuan seri OPPO F5 Youth, dengan pertimbangan harga yang lebih terjangkau dibanding dua seri lainnya, jadi lebih mungkin untuk saya miliki dan menjadi partener traveling nantinya. Seperti apa tampilan perangkat, hasil cetak, serta hasil foto selfi OPPO F5 yang sempat saya abadikan di acara OPPO Selfie Tour with F5 Lampung? Lihat saja langsung gambarnya di bawah ini
Oppo Selfie Tour
Tampilan Perangkat, Hasil Cetak, dan Hasil Foto Selfie OPPO F5
 Agar tak dibilang hoax, maka selain foto saya juga membuat video dari tampilan luar hingga hasil tangkapan layar (screenshot) yang saya ambil langsung menggunakan OPPO F5

 

OPPO F5 The Real Traveling Mate

Nah, pengalaman mengikuti acara OPPO Selfie Tour with F5 Lampung, dari awal hingga menjajal langsung kemampuan OPPO F5, akhirnya saya merasa "tercerahkan" dan tentu saja harus saya akui, bila ternyata dengan kemampuan dan fiturnya, OPPO F5 adalah pasangan traveling yang tepat bagi setiap traveler, untuk menangkap semua momen seru.

13 comments

Waaah, jadi pingin punya HP OPPO. Naksir yang warna merah. Udah lama sih, penasaran sama kameranya. Soalnya Mbak saya pake OPPO dan kalo dipake selfie uwih hasilnya kinclong banget. Tapi musti kuatin pengendalian diri, nih, kalo beli OPPO. Takutnya jadi pingin selfie terus, hihihi...

Wah keren ya, fitur kamera Oppo f5. Untuk spek nya bagaimana ya, memori internal nya berapa ya, bisa menggunakan memori card ga ya, apalagi kalo sedang asik selpih selpih kadang suka lupa dengan kapasitas memori. Oh iya saya juga tertarik nih pada fitur kuda space nya, cocok buat ibu ibu rumah tangga yang suka selpih, jadi ga was-was kalo di pegang anak.

Merah memang menawan ya Mba, greget dibuatnya. Hahahaha. Banyak-banyak juga gapapa Mba, kan ada space-nya super gueedeee :p

Spek lengkap sudah ada di gambar Bu, kalau belum ketemu, coba dibaca ulang :)

Saya mah nggak suka selfie. Eh tapi baca tulisan keren ini, kok jadi pengen punya oppo f5 yaa

Peserta oppo selfie tour F5 lampung delete December 21, 2017 at 8:05 PM

Tertarik juga dengan Oppo F5, penasaran dengan fitur baru selfienya

Wah keren banget OPPO F5 fiturnya keren cocok buat generasi jaman now nihh

Oh iya,, spek nya di gambar yang bergerak ya, tadi pas baca pas di posisi yang ga ada spek nya, makanya saya tanya :)

Haduh, ini nih. Ini smartphone yang bikin aku susah tidur nyenyak. Bikin kepikiran terus. Pingin punya.

Oppo f5 ini bikin orang termimpi2 untuk segera memilikinya hu

Kok keren yaa oppo f5. Jadi pengen 😌😌

Mauuuuuu, #eh, semoga ada rizkinya, aamiin��

Melihat hasil review user experience OPPO F5 disini saya jadi tambah penasaran untuk menjajal kemampuan smartphone ini untuk dijadikan partner traveling

Hayo, mau komen apa coba?

Link aktif akan langsung ditandai sebagai spam, sebagai alternatif bisa pilih comment as menggunakan Nama/URL ya :)
EmoticonEmoticon